Senin, 08 Februari 2016

Jalur Kereta Api Terekstrim di Dunia


Tak ada pilihan lain, kereta ini harus melalui jalur super ekstrem!

Anda yang pernah naik kereta api pasti akan berdecak kagum melihat pemandangan alam nan indah di sekitar jalur yang dilaluinya. Terkadang pula, kita dibuat merinding ketika kereta melalui jalur yang curam, terutama di lereng perbukitan. Namun gambar-gambar berikut ini akan membuat Anda ngeri sendiri. Karena tak ada pilihan lain, kereta api harus melalui jalur super ekstrem.

jalur kereta super esktrem
Jalur kereta api Chanaral – Llanta – Potrerillos di Chile merupakan salah satu jalur kereta api paling menakjubkan di dunia.
Jalur ini menghubungkan Potrerillos, kota di Pegunungan Andes (2.850 m dpl) yang kini ditinggalkan warganya dan menjadi areal pertambangan, dengan wilayah pembudidayaan tanaman di Llanta dan Diego de Almagro.
Selanjutnya, jalur kereta ini terhubung ke Longitudinal Norte, hingga ke Chanaral dan pelabuhan di Barquito.
jalur kereta super esktrem
jalur kereta super esktrem
Jalur KA ini dibangun oleh Perusahaan Andes Copper Mining sejak 1916, agar dapat menghubungkan antara tambang tembaga Potrerillos dan smelter dengan Pueblo Hundido (sekarang disebut Diego de Almagro), kemudian terhubung ke jaringan kereta api negara hingga ke Chanaral.
jalur kereta super esktrem
jalur kereta super esktrem
Tambang Potrerillos baru berproduksi satu dekade kemudian (tahun 1927). Kereta api ini digunakan untuk mengangkut pasokan ke Potrerillos, serta mengirim tembaga yang telah dimurnikan ke Pelabuhan Barquito.
Deposit Potrerillos sebenarnya lebih sedikit dan kualitas biji tembaganya pun lebih rendah daripada tembaga yang ditambang di lokasi lain seperti Chuquicamata. Meski demikian, tambang Potrerillos tetap memberi kontribusi penting untuk produksi tembaga di Chile.
jalur kereta super esktrem
jalur kereta super esktrem
Tambang Potrerillos akhirnya ditutup tahun 1959, karena deposit biji tembaga yang makin menipis. Apalagi lima tahun sebelumnya ditemukan lokasi lain yang mengandung biji tembaga berkualitas, di dekat Indio Muerto.
Kota Potrerillos akhirnya ditinggalkan warga, tapi peleburan tembaga dan instalasi pemurnian terus beroperasi di lokasi.
jalur kereta super esktrem
jalur kereta super esktrem
Pada tahun 1959, tambang di Potrerillos digantikan oleh tambang serupa di El Salvador. Sejak itu, biji tembaga cair diangkut melalui jaringan pipa dari El Salvador ke pabrik filtrasi dekat Llanta, di mana konsentrat biji kering diangkut kereta api ke pabrik Potrerillos. Potrerillos sekarang mensuplai asam sulfat ke pabrik-pabrik lain, baik oleh truk dan kereta api.
jalur kereta super esktrem
jalur kereta super esktrem
Jalur kereta api antara Potrerillos ke Barquito memiliki panjang sekitar 155 km, dan antara tambang ke pabrik filtrasi di Llanta sekitar 90 km.
Bagian paling spektakuler adalah pendakian antara Stasiun Montandon (2.350 mdpl) dan Potrerillos (2.850 mdpl), di mana jalurnya berkelok-kelok, melewai terowongan, dan selalu berada di lereng.
Pada 66 km terakhir antara Llanta dan Potrerillos, jalur kereta ini melewati lembah sunyi yang terjal, namun akhirnya melewati pemandangan gunung yang menakjubkan.
Semoga menambah pengetahuan kita bersama
.Posted by rafikaalia in Serba Unik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar