Tak ada pilihan lain, kereta ini harus melalui jalur super ekstrem!
–
Jalur kereta api Chanaral – Llanta – Potrerillos di Chile merupakan salah satu jalur kereta api paling menakjubkan di dunia.Jalur ini menghubungkan Potrerillos, kota di Pegunungan Andes (2.850 m dpl) yang kini ditinggalkan warganya dan menjadi areal pertambangan, dengan wilayah pembudidayaan tanaman di Llanta dan Diego de Almagro.
Selanjutnya, jalur kereta ini terhubung ke Longitudinal Norte, hingga ke Chanaral dan pelabuhan di Barquito.
–
Jalur KA ini dibangun oleh Perusahaan Andes Copper Mining sejak 1916,
agar dapat menghubungkan antara tambang tembaga Potrerillos dan smelter
dengan Pueblo Hundido (sekarang disebut Diego de Almagro), kemudian
terhubung ke jaringan kereta api negara hingga ke Chanaral.
–
Tambang Potrerillos baru berproduksi satu dekade kemudian (tahun
1927). Kereta api ini digunakan untuk mengangkut pasokan ke Potrerillos,
serta mengirim tembaga yang telah dimurnikan ke Pelabuhan Barquito.Deposit Potrerillos sebenarnya lebih sedikit dan kualitas biji tembaganya pun lebih rendah daripada tembaga yang ditambang di lokasi lain seperti Chuquicamata. Meski demikian, tambang Potrerillos tetap memberi kontribusi penting untuk produksi tembaga di Chile.
–
Tambang Potrerillos akhirnya ditutup tahun 1959, karena deposit biji
tembaga yang makin menipis. Apalagi lima tahun sebelumnya ditemukan
lokasi lain yang mengandung biji tembaga berkualitas, di dekat Indio
Muerto.Kota Potrerillos akhirnya ditinggalkan warga, tapi peleburan tembaga dan instalasi pemurnian terus beroperasi di lokasi.
–
Pada tahun 1959, tambang di Potrerillos digantikan oleh tambang
serupa di El Salvador. Sejak itu, biji tembaga cair diangkut melalui
jaringan pipa dari El Salvador ke pabrik filtrasi dekat Llanta, di mana
konsentrat biji kering diangkut kereta api ke pabrik Potrerillos.
Potrerillos sekarang mensuplai asam sulfat ke pabrik-pabrik lain, baik
oleh truk dan kereta api.
–
Jalur kereta api antara Potrerillos ke Barquito memiliki panjang
sekitar 155 km, dan antara tambang ke pabrik filtrasi di Llanta sekitar
90 km.Bagian paling spektakuler adalah pendakian antara Stasiun Montandon (2.350 mdpl) dan Potrerillos (2.850 mdpl), di mana jalurnya berkelok-kelok, melewai terowongan, dan selalu berada di lereng.
Pada 66 km terakhir antara Llanta dan Potrerillos, jalur kereta ini melewati lembah sunyi yang terjal, namun akhirnya melewati pemandangan gunung yang menakjubkan.
Semoga menambah pengetahuan kita bersama
.Posted by in Serba Unik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar